Berburu Domain .ASIA

pengelola domain .asia baru-baru ini mengumumkan tentang adanya nama domain .asia yang akan dibuka untuk umum. Dalam situsnya di www.dotasia.org dikatakan bahwa mulai tanggal 20 Februari 2008 – 12 Maret 2008 adalah waktu praregistrasi domain, bagi yang berminat terhadap nama domain .asia (perusahaan, organisasi dan individu yang berada dikawasan Asia, Australia dan Pasifik) dapat melakukan registrasi terhadap nama domain yang diinginkan.

Yang menjadi pertanyaan adalah, untuk apa praregistrasi ini? Apakah kalau sudah disetujui nama domain yang kita daftarkan dalam masa praregistrasi sudah pasti menjadi milik kita?



Inilah yang menarik untuk dibahas, ternyata walaupun dalam praregistrasi sudah disetujui namun hak milik domain baru diumumkan setelah masa praregistrasi berakhir. Pada saat praregistrasi semua orang boleh mendaftarkan nama domain, dan kemungkinannya sangat besar bahwa sebuah nama domain didaftarkan lebih dari satu orang. Lalu bagaimana cara mengatasi jika nama domain didaftarkan lebih dari 1 orang, siapa pemilik yang sebenarnya?? Inilah pinternya pengelola domain .asia dalam mencari uang. Ternyata keputusan siapa yang benar-benar memiliki nama domain adalah orang yang berani membeli nama domain tersebut dengan harga yang paling tinggi seperti pada sistem lelang. Dengan sistem seperti ini, kalau .com biasa dijual dengan harga Rp. 80 – 100 ribu, .asia bisa sampai ribuan dollar. Sebagai contoh domain ace.asia saat ini sudah mencapai harga 20.501 dollar AS, domain tyco.asia sudah mencapai harga 7600 dollar AS. Bagi yang ingin lihat daftar lelang selengkapnya dapat lihat di situsnya langsung dotasia.org.


Dan menurut perkiraan, domain .asia akan semakin terkenal karena dilihat dari perkembangannya saat ini sudah lebih dari 350.000 yang mendaftarkan domain. Saya kira jumlah ini sangat fantastis, mengingat baru dibuka tanggal 20 Pebruari lalu dan sangat dimungkinkan .asia akan menjadi daftar favorit generic top level domain (gTLD). Hingga kini sudah lebih dari 20 gTLD di dunia ini, diantaranya yang menjadi favorit adalah .com (bisnis komersial), .net (nerworking atau jaringan), .org (organisasi non profit), .info (situs informasi), mobi (terkait dengan peralatan mobile), .biz (untuk bisnis) dan .name (untuk individu).


Jika Anda tertarik mau mendaftar, carilah dulu lewat Google apakah domain yang anda inginkan sudah didaftarkan orang lain atau belum dengan mengetikan kata kunci “dot asia landrush register”, jika sudah ada yang mendaftarkannya dan Anda sangat berminat terhadap domain itu, lakukanlah registrasi dan siapkan uang untuk bersaing mendapatkannya (bagi para broker domain ini saat yang tepat untuk berburu domain). Atau jika tidak mau untuk bersaing, tunggu saja peluncuran resminya setelah tanggal 12 Maret 2007

Tentang Kami

Langgan artikel Via Email

Langgan artikel Via Email

© 2011 - Tutorial blog dan belajar SEO blogger